Rabu, 11 Januari 2012

CARA MEMPERCEPAT FERMENTASI NATA DE COCO

CARA MEMPERCEPAT FERMENTASI NATA DE COCO

Nata de Coco disamping mempunyai nilai gizi yang tinggi, juga merupakan bisnis yang sangat prospektif, yang bisa di kembangkan secara home industri atau juga bisa di produksi berskala pabrik. Pasar local maupun Expor yang sangat membutuhkan produk ini. Tapi dalam perkembangannya nata de coco banyak sekali kendala dari berbagai aspek, tapi kendala ini sangat bisa di minimalisir bahkan sampai 1% angka kegagalannya. Tapi untuk kendala mempercepat proses fermentasi belum banyak yang tahu bagaimana caranya. Salah satu kunci dalam menangani masalah ini yaitu degan menggunakan bahan yang terbuat dari kelapa juga banyak orang takut menggunakan cara ini karena di samping angka kegagalan mereka sangat tinggi terutama di daerah Jogjakarta yang mayoritas usaha produksi nata de coco masih dalam angka 10% bahkan di musim-musim tertentu bisa mencapai 50%. Juga karena menggunakan cara ini bisa menambah biaya ongkos produksi.

Caranya adalah dengan menggunakan santan kelapa. Dengan komposisi tertentu dalam pembuatan nata de coco, kita dapat menghasilkan nata de coco yang masa fermentasinya maju sakitar 3 s.d 5 hari. Selain untuk mempercepat, ternyata santan ini bisa untuk menetralisir air kelapa, baik itu tercampur dengan air tawar, air terlalu muda, atau terlalu lama. Karena kebanyakan petani nata de coco belum menggunakan alat untuk mengukur Ph air kelapa atau alat untuk mengetes kadar air kelapa murni atau tercampur, karena alatnya sendiri termasuk mahal. Nah salah satu solusinya adalah dengan menggunakan santan kelapa itu.

kirinaromatherapy

1 komentar:

  1. apakah anda sudah pernah membuat nata de coco ..?? tau kah anda bagaimana komposisi santan kelapa yg di gunakan??? dan tau kah anda brapa lama proses pembibitan ap[abila menggunakan santan kelapa??

    dan bukan kah tulisan anda ini coPPas dari link lain???

    saya rasa anda tidak tau mgn nata decoco.. saya berani mengetes anda...

    BalasHapus